Posted by : Perkasa Siregar Tuesday, March 4, 2014

Kelebihan Router di Jaringan Komputer


     Kelebihan Router di jaringankomputer Memang sangat signifikan sekali keberadaannya. Karena dengan adanya Router Jaringan yang tadinya tidak bisa koneksi dengan Internet jadi dapat koneksi dengan internet. Karena Apa, Router adalah perangkat yang mengirim paket data antara jaringan komputer, sehingga menciptakan overley internetwork. Overley internetwork sendiri adalah Jaringan komputer yang di bangun diatas jaringan lain. 

      Jadi penggunaan router di jaringan komputer sangat berpengaruh untuk kestabilan pentransferan data . Setelah Router pusat mengirim data ke router local barulah Server yang membagikan data2  ke Client-clientnya. Disini fungsi router adalah sebagai penerima data dari router pusat. Inilah yang menjadi salah satu Kelebihan Router di jaringan komputer.

          Selain itu banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan router sebagai penghantar data ke perusahaannya. Dari sepengalaman saya jaringan komputer yang di pasang menggunakan Router adalah router local yang berguna sebagai penerima data. Dalam penggunaannya alat penghubung router local dan interlocal ini kebayakan menggunakan tiang tambahan, Tiang tambahan ini biasanya di pasang di paling atas perusaaannya. Karena selain  untuk pemancar sinyal tiang tersebut dapat di gunakan sebagai alat untuk mentransfer data dari Router interlocal ke router local. Biasanya tiang ini sepanjang 1 meter. Untuk sistem operasi yang digunakan biasanya OS Mikrotik karena OS Mikrotik ini adalah Router yang paling stabil di kelasnya. OS Mikrotik ini merupakan OS terbaik untuk Router dan menjadi salah sati Kelebihan Router di Jaringan komputer.

          Router ini biasanya digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (contohnya seperti router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio,  dapat juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

          Selain itu router juga dapat menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau DIGITAL SUBSCRIBEL LINE  (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL Router. Penggunaan Router menggunakan jaringan kabel atau DSL merupakan salah satu Kelebihan Router di jaringan komputer.

          Router-router jenis tersebut pada umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan pentransferan paket data berdasarkan alamat sumber & alamat tujuan paket data tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya.

          Router yang memiliki fitur pentransferan paket data disebut juga dengan packet-filtering Router. Router umumnya dapat memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan. Pemblokiran lalu lintas data di Router merupakan Kelebihan router di jaringan komputer.

          Saya rasa teman-teman cukup jelas mengenai Kelebihan Router di jaringankomputer. Sekian dari saya untuk info lebih lanjut klik disini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Blogger templates


Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Wasandroid -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -