Posted by : Perkasa Siregar Friday, March 21, 2014


Cara menghemat kuota internet di HP Android
Cara menghemat kuota internet di HP Android

Cara menghemat kuota internet di HP Android - Dijaman sekarang ini bisa dibilang mayoritas orang di dunia memakai Android, tetapi banyak juga yang belum mengerti cara menggunakannya. Dari anak-anak sampai orang tua, sudah hampir tau apa itu android. HP yang menggunakan OS android memang jugalah banyak, oleh sebab itu mudah sekali untuk mendapatkan HP android di masyarakat sekarang ini. Dari yang kualitas HP biasa sampai yang luar biasa itu bersistem Operasi Android. Oleh sebab itu saya ingin membagikan bagaimana Cara menghemat kuota internet di HP Android Kenapa saya mengshare Cara menghemat kuota internet di HP Android ini karena banyak operator-operator kartu ponsel yang lumayan susah menggunakannya sehingga membuat pemakainya malas menggunakannya. Karena setiap kali pakai pulsanya cepat habis inilah kegunaan dari artikel Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Beberapa orang bahkan sangat bingung akan teknologi, sehingga muncul beberapa keluhan saat menggunakan perangkat berbasis Android. Seperti hal nya tante saya yang mengeluh karena pulsanya cepat sekali habis. Saya pun memberikan beberapa alasan dan solusi tentang hal itu, sama seperti yang sudah saya tuliskan pada posting Mengapa Android menyedot pulsa. Ya, memang hal itu dikarenakan sebuah smartphone akan terus membutuhkan paket data internet agar semua fitur yang ada di dalamnya bekerja dengan baik sehingga kita WAJIB membelikan paket internet untuk perangkat smartphone kita. Maka dari itu Cara menghemat kuota internet di HP Android simak baik-baik ya.

Cara menghemat kuota internet di HP AndroidNamun terkadang kuota yang disediakan terasa agak kurang dan cepat habis sehingga nantinya akan menyedot pulsa ketika kuota sudah habis. Sebenarnya borosnya penggunaan data sendiri tergantung dari perilaku penggunanya. Semakin sering kita menggunakannya untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan akses internet, semakin cepat pula kuota paket data akan berkurang. Agar tidak terjadi hal yang demikian (pulsa tersedot karena kuota habis) ada 2 solusi yang bisa anda jalankan. Yang pertama adalah mengatur batas lalu lintas data seperti yang sudah pernah saya tulis pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android (khusus Android versi 4.0 ke atas), lalu yang kedua tentu saja adalah menghemat penggunaan data itu sendiri.

Beberapa Cara menghemat kuota internet di HP Android sebagai berikut:

1. Matikan auto update (update otomatis) pada aplikasi Android kamu. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan borosnya penggunaan kuota internet pada Android. Pengguna tentu akan menginstall beberapa aplikasi tambahan pada perangkat Android nya bukan? Dan ukuran dari aplikasi tersebut bervariasi, mulai dari yang ukuran ratusan kilobyte hingga puluhan megabyte. Perkembangan (perbaikan, penambahan fitur dll) dari tiap - tiap aplikasi pun bisa terbilang cepat. Maka dari itu mematikan fitur update otomatis pada aplikasi dirasa sangat perlu untuk menghemat pemakaian data, mengingat kita tidaklah wajib untuk mengupdate tiap aplikasi secara rutin. Untuk caranya silahkan mampir ke halaman cara mematikan auto update aplikasi Android. Ini adalah cara pertama untuk Cara menghemat kuota internet di HP Android.

2. Kurangi "jam terbang" anda di dunia maya. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Yup, simple saja. Semakin sering anda melakukan aktifitas online, tentu penggunaan paket data akan semakin besar bukan. ini adalah cara ke 2 Cara menghemat kuota internet di HP Android.

3. Carilah jaringan WiFi jika ada. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Pernahkan kamu melihat seseorang yang bertanya "Mas, disini ada WiFi nya gak?" pada suatu tempat nongkrong atau tempat makan? Yup, tentu tujuannya hanya ada dua, yakni ingin online gratis & tentu untuk menghemat penggunaan paket data. Ini adalah cara ke 3 untuk Cara menghemat kuota internet di HP Android.

4. Matikan auto sync jika tidak dibutuhkan. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Jika anda tidak terlalu membutuhkan pemberitahuan real time soal e-mail dan akun  - akun online lainnya, anda bisa mematikan fitur auto sync pada perangkat Android anda agar tidak memakan terlalu banyak kuota internet. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke menu setting -> account & sync (akun & sinkronisasi) lalu jika terdapat tombol "ON", silahkan sentuh tombol itu sekali lagi agar menjadi "OFF"
Cara setting sinkronisasi Android. Ini adalah cara ke 4 untuk Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Cara menghemat kuota internet di HP Android

5. Buang widget cuaca dari home screen Android Kamu. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Hampir semua perangkat Android akan menyertakan widget cuaca pada home screen nya (BACA : Apa itu widget pada Android?). Widget tersebut akan membutuhkan akses data untuk memberikan informasi terbaru tentang cuaca. Meskipun tidak terlalu besar, namun ini perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan internet yang berlebihan bukan? Tentunya agar tidak mengurangi "jatah" online anda. Ini adalah cara ke 5 untuk Cara menghemat kuota internet di HP Android.

6. Matikan aktifitas background data pada aplikasi yang tidak berkepentingan. Cara menghemat kuota internet di HP Android.

Yup, sebagian aplikasi Android akan "memakan" paket data yang anda gunakan di background atau dibalik layar. Bahkan beberapa aplikasi yang kurang berkepentingan pun terkadang akan menggunakan paket data anda untuk keperluan yang beragam. Untuk itu rasanya perlu kita lakukan "pembatasan" agar aplikasi tersebut tidak memakan paket data kita pada saat tidak digunakan. Berikut beberapa langkah mudahnya (untuk Android versi 4.0 ke atas) :

Pertama masuklah ke menu setting lalu pilih data usage (penggunaan data). Lalu centang set mobile data limit. Ini adalah cara ke 6 untuk Cara menghemat kuota internet di HP Android.
Cara menghemat kuota internet di HP Android



Menghemat penggunaan paket data internet Android

Lalu scroll ke bagian bawah, maka akan terlihat aplikasi apa saja yang "memakan" paket data anda. Dari aplikasi - aplikasi tersebut, carilah aplikasi yang sekiranya tidak berkepentingan dan ingin anda matikan aktifitas internet background nya. Perhatikan gambar di bawah ini.
Mematikan pemakaian background data aplikasi Android.
Cara menghemat kuota internet di HP Android


Lihatlah kotak berwarna merah pada gambar sebelah kanan, itu adalah banyaknya paket data yang digunakan di background. Untuk mematikannya, silahkan centang Restrict background data seperti yang ditunjukkan oleh panah berwarna hijau. Anda pun dapat mempelajari selengkapnya tentang pembatasan penggunaan paket data pada Android pada posting cara membatasi pemakaian internet pada Android.


Sekian untuk Cara menghemat kuota internet di HP AndroidUntuk info lebih lanjut klik disini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Blogger templates


Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Wasandroid -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -