Posted by : abraham siregar Friday, July 19, 2013



Skala 1:100, 1:50, 1:40, 1:25 seringkali kita jumpai dalam sebuah penyajian gambar teknik. Namun seringkali juga kita mendapati bahwa gambar yang tercetak tidak sesuai dengan skala yang dimaksud di gambar. Cara yang mudah untuk men-skala gambar yang akan disajikan adalah sebagai berikut :
  • Menggambar denah, tampak ataupun potongan dll, gambarlah pada skala 1:100, disini kembali kepada kebiasaan pengukuran yang dipakai, misalnya : 1 meter dianggap 1, 100 (cm) atau 1000 (mm). Setelah tergambar yang akan disajikan, kemudian
  • Tentukan ukuran kertas yang akan dipakai untuk mencetak gambar (plot) tersebut, biasanya A4, A3 dsb. Ukurlah ukuran kertas yang dipakai secara manual untuk mengetahui panjang dan lebarnya, kemudian gambar outline kertas yang dipakai di Autocad, tetapi jangan lupa sesuaikan dengan pemakaian ukuran pada no.1
  • Memasukkan gambar yang telah dibuat kedalam outline kertas yang telah dibuat. Ketika memasukkan gambar, kita akan mengetahui ukuran kertas CUKUP, KURANG atau  malah TERLALU BESAR untuk “memuat” gambar yang dimasukkan.
  • Apabila CUKUP dengan ukuran kertas, maka gambar tersebuat otomatis akan tercetak dalam skala 1:100, tetapi apabila ukuran kertas KURANG maka kita harus “mengecilkan” gambar yang akan dicetak, dengan demikian gambar yang akan dicetak harus lebih besar dari skala 1:100, yakni bisa dalam skala 1:150, 1:200 dsb. Dan kalau kertas TERLALU BESAR terhadap gambar maka gambar yang akan dicetak harus “dibesarkan”, dengan skala yang lebih kecil dari skala 1:100, yakni bisa dengan skala 1:50, 1:40, 1:25 dsb.
  • Point yang paling penting adalah JANGAN mengotak-atik gambar yang dibuat, biarkan tetap pada skala 1:100. Karena apabila di BESAR/KECIL-kan, maka ukuran-ukuran yang dibuat akan berubah.
  • Cara yang efektif (menurut saya !!!) adalah dengan men-skala kertas yang telah dibuat outline-nya tadi.
  • Rumusan yang dipakai adalah : skala TUJUAN dibagi (/) skala AWAL. Misal kita akan membuat dalam skala 1:20, maka ukuran kertas outline di-skala tujuan/awal (20/100), selanjutnya outline kertas tersebut dalam skala 1:20. dan gambar yang kita masukkan kedalam ukuran outline kertas akan tercetak dalam ukuran 1:20.
  • Tahapan akhir, tentukan setting-an skala plot dalam Autocad, maka gambar-gambar yang tercetak sesuai dengan gambar yang dimaksud.
Sekian dari saya untuk info lrbih lsnjut klik disini dilike ya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Blogger templates


Blog Archive

Powered by Blogger.

- Copyright © Wasandroid -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -