Posted by : Perkasa Siregar Thursday, August 1, 2013




BAik teman2 sekarang kita akan belajar cara membersihkan LEPTOP. Apakah laptop baru anda mulai terlihat seperti sesuatu yang anda temukan di tempat sampah? atau juga laptop anda terlihat kurang menyenangkan untuk dipandang?
Solusi yang tepat yaitu membersihkannya agar terlihat seperti baru lagi dan kemungkinan besar laptop anda awet dan tahan lama.
Kadang ada beberapa orang yang bingung atau tidak berani untuk membersihkannya, karena dibenak mereka merasa takut jika dibersihkan akan menimbulkan kerusakan yang tidak disengaja.
Memang laptop adalah barang yang sensitif atau gampang rusak jika kita tidak bisa merawat dan membersihkannya.
Tapi, jangan khawatir karena kami akan mengulas dan membantu anda untuk masalah yang di atas.
Berikut ini merupakan langkah dan cara membersihkan laptop yang benar agar laptop anda terlihat bersih dan enak untuk dipandang.



1. Siapkan pembersih
Yang dimaksud pembersih di atas adalah pembersih khusus untuk laptop yang disediakan dalam bentuk botol plastik dan handuk kecil.
Pembersih tersebut banyak yang dijual di toko-toko penjual aksesoris laptop atau juga elektronik, jika anda belum mempunyai pembersih laptop tersebut segeralah mencarinya.

2. Matikan laptop
Matikan laptop dan keluarkan baterai supaya aman dalam proses pembersian dan jangan kita ambil resiko yang mengejutkan diri sendiri.
Karena jika kita bersihkan laptop dalam keadaan hidup maka kemungkinan besar akan merusak mesin laptop, lebih baik matikan saja.

3. Lepaskan perangkat USB dan CD
Lepaskan semua perangkat yang terdapat pada USB yaitu mouse, plashdisk, atau yang lainnya. Serta CD yang didalamnya masih terdapar kepingan CD segeralah dilepas agar proses pembersiaannya berjalan lancar.

4. Gunakan kompresor udara jika diperlukan
Jika Anda ingin membersihkan laptop dengan tombol masih menempel anda cukup perlu menggunakan sekaleng kecil kompresor udara.
Jangan memegang semua benda yang terdapat pada laptop, anda cukup menyemprotnya dengan udara atau dengan menipnya dengan sekaleng kompresor udara.
Setelah itu bersihkan debu yang keluar dari lubang keyboard dengan menggunakan koas atau sikat.

5. Membuka tombol keyboard
Jika anda ingin membersihkan laptop tanpa tombol keyboard terhubung, gunakan pisau untuk melepasnya dan hati-hati pada saat melepas jangan sampai tombol kunciannya rusak.
Cara ini memang agak memberi efek negatif, tapi jika anda yakin bisa melakukannya kenapa tidak, karena cara ini salah satu agar laptop anda bersih dengan keseluruhan termasuk bersih di dalamnya juga.

6. Bersihkan tombol keyboard
Siapkan semangkuk sabun cuci apa saja dan sikat atau koas untuk membersihkan tombol keyboard yang dilepas tadi, lalu bersihkan semuanya.

7. Bersihkan ruangan dalam keyboard
Membersihkan ruangan dalam sebuah keyboard cukup dengan menggukan kapas bersih yang dicelup pada campuran air hangat dan alkohol.

8. Membersihkan port USB dan port lainnya
Gunakan kompresor udara lagi untuk menyemprot atau membersihkan port tersebut, dan semprotkan semua port konektor sampai mereka bagus dan bersih.

9. Memasang tombol keyboard
Setelah semua tombol dan ruangan dalam sebuah keyboard kering, segeralah memasang tombol keyboard ke tempatnya.
Hati-hati pada saat memasang lempengan tombolnya jika anda tidak yakin untuk memasangnya carilah teman yang bisa memasang agar tidak terjadi kepatahan pada kunciannya.

10. Bersihkan layar laptop
Untuk membersihkan layarnya cukup semprotkan pembersih atau bahan untuk pembersih yang sudah kami terangkan pada langkah yang pertama, setelah itu gunakan handuk kecil dan bersih untuk membersihkannya.
Itulah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membersihkan sebuah laptop agar tetap bersih dan awet seperti pada saat pertama kali kita membelinya. ( Baca juga:Cara install windows xp untuk laptop atau komputer dengan CD/DVD ).
Sekian dari saya untuk info lebih lanjut klik disini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Blogger templates


Powered by Blogger.

- Copyright © Wasandroid -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -