Posted by : Perkasa Siregar Friday, August 2, 2013




Buat teman yang mau belajar membersihkan Komputer ADA DISINI.. Tool yang saya gunakan untuk membersihkan komputer hanyalah sebuah kuas yang biasa dipakai untuk mengecat, kuasnya ukuran sedang dan kuasnya memang saya gunakan khusus untuk membersihkan komputer saya bukan untuk mengecat tembok. Selain kuas perlengkapan lainnya yang saya gunakan adalah sebuah lap, sebotol cairan pembersih khusus untuk perlengkapan elektronik, dan sebuah masker untuk melindungi masuknya debu ke sistem pernafasan saya. Berikut ini langkah demi langkah bagaimana saya membersihkan komputer saya dari debu:

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencabut semua kabel yang menancap ke sumber listrik, kemudian melepaskan semua kabel-kabel yang menancap ke komputer saya, setelah itu saya buka tutup casingnya baik bagian kanan maupun kiri, lalu melepaskan semua komponennya. Dimulai dari melepaskan harddisk, kipas/fan yang menempel di casing, RAM, kabel-kabel yang menempel ke motherboard baik dari power supply maupun casing, melepas motherboard, melepas power supply dan yang terakhir saya lakukan adalah melepas DVD-RW saya.


Setelah semua komponen terlepas, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah memakai masker lalu membersihkan semua komponen-komponen tersebut menggunakan kuas, saya melakukan kegiatan ini di luar rumah tentunya.


Setelah semua komponen bersih dari debu, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah membersihkan casing, setelah casing-nya bersih dari debu, saya lalu menyemprotkan cairan pembersih khusus elektronik ke lap yang telah saya siapkan, kemudian saya usapkan ke bagian dalam casing yang bisa dijangkau dan bagian luar casing sampai terlihat bersih dan mengkilat, ingat ya.. saya hanya mengusapkannya ke casing tidak ke komponen-komponen komputer yang telah saya lepas tadi seperti motherboard, harddisk dan lain sebagainya.


Selanjutnya saya pun merakit kembali komponen-komponennya mulai dari memasang RAM ke motherboard, memasang power supply ke casing, menancapkan kabel-kabel casing ke motherboard seperti kabel USB, audio, LED, power dan reset sampai kabel-kabel power dari power supply, kemudian memasangkan kembali motherboard tersebut ke dalam casing, lalu memasangkan komponen-komponen lainnya seperti harddisk, DVD-RW dan kipas/fan. Dan berikut ini hasilnya setelah saya bersihkan dan selesai saya rakit kembali, lumayan kinclong kan ? :D


Tips membersihkan Komputer

          Debu dabat menyumbat ventilasi pendingin, apakah itu computer desktop atau laptop / notebook. Hal ini dapat menyebabkan otak komputer Anda-unit pengolah pusat (CPU)-memanas. Dan panas adalah penyebab terbesar kegagalan komponen dalam komputer. Membersihkan secara teratur bisa menghemat biaya pemeliharaan.

Ikuti lima langkah sederhana dalam rutinitas pembersihan dan perawatan di bawah ini untuk menjaga komputer Anda dan aksesoris tampak mengkilap dan baru dan mempunyai life time lebih lama.

Persiapan yang Anda perlukan adalah: 
. Standar (flat-tip) dan / atau obeng Phillips 
. Kompresi udara 
. Kapas penyeka (tidak menggunakan bola kapas) 
. Spiritus
. Kain-bebas serat/ lembut, handuk kertas, atau kain anti-statis 
. Air 
. Kacamata (opsional) 
Penting: Selalu mematikan komputer Anda dan lepaskan dari sumber listrik sebelum Anda mulai salah satu langkah-langkah ini. 

  • Langkah 1: Di dalam kasus 
Jika Anda melihat puing-puing debu atau lainnya mengumpul di sekitar ventilasi desktop atau laptop, untuk menghapusnya Anda harus membuka casing. Sebelum memulai, tentu saja, pastikan komputer dimatikan dan dilepas dari sumber listrik. 

Berhati-hatilah terutama saat meniup fan, meniup udara ke dalam floppy disk, drive CD atau DVD, dan I / O port. Seka bagian dalam penutup dengan kain agak dilembabkan, dan keringkan sebelum baterai dipasang kembali. 

Kami merekomendasikan melakukan hal ini setiap tiga bulan.

  • Langkah 2: Di luar kasus 
Jalankan sebuah kapas yang dicelupkan ke dalam spiritus, satu dengan ujung spons lembab dan satu dengan ujung kering. Lakukan ini sesering Anda untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda. 

  • Langkah 3: Keyboard 
Putar keyboard terbalik dan kocok perlahan. Sebagian besar remah dan debu akan rontok. Ambil kompresi udara dan meniup ke dalam dan di sekitar kunci. Selanjutnya, mengambil kapas dan celupkan ke dalam spirtus. Ini harus lembab, tetapi tidak basah kuyup. Jalankan kapas sekitar bagian luar setiap tombol. Gosok bagian atas tombol. Buang kapas ketika mulai kotor, dan ganti dengan yang baru. Jika Anda memiliki laptop, ikuti prosedur yang sama tetapi harus lebih berhati-hati. Jika laptop Anda memiliki touchpad, gunakan swap lembab untuk membersihkan keyboard. Lakukan ini setiap bulan.

Khawatir tentang tumpahan? 
Jika tumpahan terjadi, segera matikan komputer Anda, lepaskan keyboard, dan balikkan. Sementara keyboard terbalik, blot tombol dengan handuk kertas, dan biarkan udara kering semalam. Periksa untuk memastikan bahwa semua jejak air telah menguap sebelum menggunakan keyboard lagi. Laptop tumpahan perlu mendapat perhatian lebih karena cairan mudah dapat menembus bagian keyboard dan kerusakan internal. Untuk tumpahan laptop, segera matikan komputer dan menghapus setiap sumber daya eksternal dan item lainnya yang terhubung ke dalamnya. Balikkan laptop di atas, keluarkan baterai, dan kemudian membawanya ke pusat perbaikan terdekat Anda untuk memeriksa kerusakan internal. 

  • Langkah 4: Mouse 
Lepaskan mouse dari komputer Anda. Gosok bagian atas dan bawah mouse Anda dengan handuk kertas dicelupkan ke dalam spirtus. Gosok keras untuk menghapus kotoran dengan kuku Anda. Jika Anda memiliki mouse optik, pastiakan bahwa tidak ada serat atau sampah lainnya yang mengaburkan lensa di bagian bawah mouse. Jika Anda menggunakan mouse mekanik, buka bagian bawah mouse dan keluarkan bola. (Dalam kebanyakan kasus, Anda hanya perlu memutar cincin plastik mengelilingi berlawanan gilirannya bola) Cuci bola dengan air, dan biarkan udara kering. Untuk membersihkan bagian dalam mouse mekanis, celupkan kapas dalam spirtus dan menggosok semua komponen interior. Pastiakn semua kering pada saat dipasng kembali. Lakukan hal ini setiap bulan. 

  • Langkah 5: Monitor 
Untuk membersihkan liquid crystal display (LCD) laptop dan layar monitor panel datar perlu menggunakan kain yang lembab, berbulu lembut dengan air biasa. Kain Microfiber sangat baik untuk tujuan ini. Hindari menggunakan handuk kertas, yang bisa merusak permukaan LCD. Jangan menyemprotkan cairan secara langsung ke layar, tapi semportkan ke kain lap. Lap layar untuk menghilangkan debu dan sidik jari. Untuk membersihkan display CRT, jangan menggunakan alkohol atau pembersih berbasis ammonia, karena ini dapat merusak lapisan anti-silau. Hal ini bisa dilakukan setiap minggu.

SEKIAN DARI SAYA UNTUK INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. nice info gan thanks yah, boleh ijin copy ???

    ReplyDelete
  2. Tips komplit tapi saya belum pd bongkar-bongkar hd dll . Maklum masih harus banyak belajar terima bongkar tapi belum terima pasang. Pernah coba baterai cmos windowsnya jadi error terpaksa cpu dibawa ke teman yang lebih ahli. Tetap semangat untuk belajar dan praktek
    !

    ReplyDelete
  3. Hahaha ia mas Angga, Untuk Mas Agus Salim sabar aja mas saya juga dulu begitu. Yang penting kita dalam merakitnya harus teliti dan benar, Kunci kesuksesan itu menurut saya adalah selalu berusaha dan mau mencoba. Thanks buat mas Agus Salim dan Angga Pahlevi telah berkunjung.

    ReplyDelete

Labels

Blogger templates


Powered by Blogger.

- Copyright © Wasandroid -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -